MISTERI ARWAH SAHABAT SEJATI

  
  Dari sekian banyak cerita misteri yg saya tau, hanya inilah yg membuatku terharu,. kisah ini merupakan gambaran betapa berartinya seorang sahabat.Sahabat merupakan seseorang yg mampu mengerti kita, yg siap mendengarkan curhatan kita, yg selalu memotifasi apa tujuan kita. Tempat kita menyimpan cerita, tempat kita berbagi asa, bahkan suka duka dilalui bersama.
     Hari-hari rasanya tak lengkap bila tak melihat canda tawanya, tak pernah tersirat dalam pikiran mereka bahwa suatu saat,waktulah yg akan memisahkan mereka., mungkin karena kerjaan atau keadaan lain yg harus meninggalkan segalanya,,
     Seperti yg terjadi di kisah ini..
Arman adalah sahabatnya Deri, mereka sahabatan dari kecil, walaupun mereka berdua anak seorang petani, tapi cita-cita mereka benar- benar diujung monas.
     siang itu mereka baru pulang sekolah ."ke warung dulu yo Ri, kita istirahat dulu, Panas nih haus.. Arman mengajak Deri,    ah lo,,,  kayak ibu-ibu kebanyakan haus. He he., Deri jawab dengan candaan.
" ah elo,  ngomong aja kalo ga punya duit,,!""" Sambil ketawa Arman meledek..
Tau aja lo,? Deri senyum kecil...
Ya udah aku yg bayarin,yo,,! Arman ngajak tegas... iya makasih..deri akhirnya mau....
     Selagi duduk didepan warung mereka ngobrol, Ri kalau udah keluar sekolah rencana kamu mau kuliah kemana?,,,
ga tau Man, tamat SMU aja aku udah untung, aku ga tega liat ibuku yg tiap hari kerja serabutan disawah orang,rasanya aku ingin segera membantu ibu nyari duit..
Makanya rencanaku setelah selesai sekolah,dan aku dapet ijasah,aku akan coba nyari kerja di jakarta, walaupun hanya mengandalkan ijasah SMU, tapi ga apa-apa yg penting dapet kerja.,,
   Emh,gitu ya Ri, andai saja Ayahmu masih ada...""Arman tertunduk seakan turut merasakan kesedihan Deri...
   Sudahlah Man,"emang kamu mau kuliah kemana Man?,,,deri malah balik nanya seakan ga mau membahas ayahnya yg telah meninggal...
    Maaf ya Ri, bukan maksudku untuk mengingatkan kesedihanmu,"Arman ga menjawab malah dia minta maaf.
    Ga apa-apa,"Deri menjawab singkat,,, O iya pertanyaanku. Belum lu jawab? Deri mengulang pertanyaannya.
    Kalau ada rezeki aku mau kuliah di ITB.,,"Arman menjawab aga berat takut Deri kesinggung.
    Lu Hebat ya Man?
    bukan aku yg hebat,tapi ayahku, aku ga jauh beda sama kamu."Arman mencoba tuk merendah.
     Jelas Beda lah Man, Lu punya segalanya, tapi aku heran lu masih aja sederhana, bahkan lu mau berteman denganku anak janda tua yg ga punya apa-apa.
     Ko kamu ngomong kya gitu, lu udah kya saudara aku, lu sahabat aku,lagian Alloh ga akan sulit merubah nasib seseorang, siapa tau lu yg akan sukses ketimbang aku.
      Makasi ya Man, kamu emang sahabat aku yg tiada duanya.. he he," Deri mencoba senyum seakan tak perduli dengan matanya yg berkaca menahan kesedihan.
      Setelah saatnya tiba akhirnya merekapun lulus sekolah,canda ria saling coret-coret baju menjadi kebiasaan yg susah dihilangkan,,..
      Seminggu setelah kelulusan Deri sengaja menemui Arman..
  permisi,Maaf bu Armannya ada,"dengan nada sopan Arman bertanya ,kebetulan ibu Arman lagi duduk di halaman rumah..
O,iya ada, masuk dulu yu nak Deri,Armannya lagi Mandi,"ibu Arman menjawab lembut,..
Iya bu makasi,tunggu disini aja,
    Ga lama menunggu Armanpun keluar,"eh Deri, udah lama? Arman nanya," ga,  baru saja,belum lima menit. He he
     Ada apa Ri? kayaknya penting bgt,,?..arman nanya sambil duduk..
     Gini Man,rencananya besok pagi aku mau pergi ke jakarta.. aku cuman mau nitip ibu, tolong jagain dia,kalau-kalau dia sakit, atau ada apa-apa,tolong bantu.
    Apa Ri kamu mau ke jakarta,,!!
kamu benar-benar nekat, emang kamu mau kerja apaan?
     Ga tau Man, belum pasti, bermodal nekat aja dulu siapa tau nasib baik ada disana.. Seraya tertunduk Deri menjawab.
    Kamu benar-benar orang yg teguh pendirian Ri...
Ya sudah ga apa-apa, jgn khawatir dengan ibumu,aku menyayangi ibumu sama seperti aku menyayangi ibuku,, awas jangan lupa pamitan pada ibumu.. o iya setelah sampai di jakarta kabarin aku ya,,, hati hati dijalan,semoga berhasil..
     Makasi ya Man, aku ga akan pernah melupakan sahabat sebaik kamu,,
    Merekapun berdiri dan berangkulan, Armanpun menepuk- nepuk punggung sahabatnya seraya berkata," hati hati ya disana, selalu kasi kabar kesini...
    Merekapun berjabat tangan, ya udah aku pergi dulu ya...Man.
Iya Ri...arman masih berdiri melihat sahabatnya pergi,dalam hatinya arman  sedih bgt kehilangan sahabat sebaik Deri...
    Keesokan harinya, memang benar,pagi-pagi sekali Deri sudah mengemas  baju bawaannya ke dalam tas... selagi membereskan bawaannya ibunya Deri menghampiri,,,,""
Jadi kamu berangkat Nak?, ibunya deri bertanya, yg memang sudah jauh hari dia tau bahwa anaknya akan ke jakarta..
   Iya bu, Deri menjawab singkat.,"hati-hati disana ya nak, jangan lupa sholat, dan jangan lupa kabarin ibu, agar ibu disini tenang, kamu kan anak ibu satu-satunya, ibu ga punya apa-apa lagi selain kamu,ibu mohon kamu kembali untuk ibu, dalam keadaan selamat..."ibunya deri terus menasehati anaknya seakan tak memberi celah untuk deri menjawab..
    Iya bu,Deri tau.,, kalaupun disini ada kerjaan Deri juga ga akan pergi bu,, Deri hanya ingin agar ibu tak lagi bekerja untuk Deri, sekarang giliran Deri yg berjuang untuk ibu,.deri sayang sama ibu,gak ada lagi yg deri sayang selain ibu, Deri Rela kalaupun harus ditukar maut demi kebahagiaan ibu".deri menjelaskan.
    suut kamu jangan ngomong maut, ga baik,  apalagi kamu mau pergi jauh.
    o iya bu, kalau ada apa-apa minta tolong Arman aja, kemarin aku udah nitipin ibu,,
    Nitip? Emang kamu kira ibu barang, he he "Ibunya deri senyum
Ya sudah bu, Deri berangkat dulu ya...
    Iya, hati hati ya Nak, kabarin ibu kalau udah sampai jakarta.
    Iya bu, Asslmualaikum...
Waalaikumsalam.. ibunya deri menatap anaknya hingga lenyap dipersimpangan.
     Seminggu pun berlalu, Deri tak kunjung juga ngasi kabar,sama ibunya ataupun sama Arman.
     Berbulan, bahkan bertahun-tahun hingga tiga tahun, Deri masih saja ga ada kabar,
     Tapi walau sahabatnya begitu, Arman selalu menepati janjinya, dia selalu merawat dan memperhatikan ibunya Deri, hampir, dua hari sekali Arman datang,menjenguk ibunya Deri.
     Seperti pada sore itu, mereka lagi pada ngobrol,.
Gimana bu, udah ada kabar dari Deri?.. Arman bertanya,
Belum Man, ga tau ibu harus gimana lagi,ibu ga habis pikir kenapa Deri setega itu.
     Iya ya bu, kenapa Deri masih ga ngasi kabar, sabar aja ya bu" Arman menenangkan ibunya deri .....  o iya maaf ya bu Arman ga bisa lama-lama disini... ada tugas kuliah yg belum Arman kerjakan, ibu sabar aja,  ntr klau saya ada kabar tentang Deri, saya pasti langsung kabarin ibu..
      Iya, makasi,Man...ibunya Deri tertunduk lemah..
Seperti biasa sebelum pulang Arman pasti ngasi uang buat keperluan ibunya Deri...
Makasi ya Man,ibu bersyukur Deri punya Sahabat sebaik kamu...
      Ya bu sama-sama... saya pamit  pulang dulu ya bu...assalamualaikum
waalaikumsalm......Arman pun berlalu pergi.
      dalam hati Arman masih terus bertanya Ada apa sebenarnya yg terjadi dengan sahabatnya itu.
      sore pun berlalu dunia redup ditelan malam,ga tau kenapa pikiran Arman Masih selalu teringat Deri.. 
       Kriiiiing"tiba tiba Arman dikagetkan,dengan suara pesan masuk di hp nya...terperanjat ketika Arman membaca SMS masuk,.
       Jelas kaget karena isi sms itu....  "Man, ini aku Deri. Tolong Man besok ke jakarta, kalau bisa bawa ibu,aku ingin ketemu"
Alamatku,Jl.Mawar no.66 Jaksel.
       Arman bahagia ternyata sahabatnya ngasi kabar,...itu berarti dia selamat, kemudian dia telpon nomor yg barusan sms dia, tapi ga aktif,, kemudian dia coba tuk sms kembali,, sama ga terkirim, dalam pikirnya kenapa ya!!! Arman masih bingung, tapi ga apalah,itu pikirnya,yg penting aku udah dapet alamatnya, rasanya dia ga sabar untuk memberitahu pada ibunya deri... akhirnya besok pagi-pagi sekali dia berangkat menemui ibunya Deri..
    Tak lama kemudian sampai ke rumah ibunya Deri, saking bahagianya, Arman lupa mengetuk pintu..
  Bu, Bu, bu,,, ga ada jawaban didalam rumah...
  Arman mencari ke dalam.. ternyata ibunya dikamar,,
   Bu, ibu kenapa bu....bu?
Arman menggoyang goyang tubuh ibunya Deri,, sama sekali gada jawaban, Astagfirullohaladzim ibu pingsan...tanpa pikir panjang, Arman langsung menggendongnya, lalu nyari mobil umum dan diantarnya ke Rumah sakit.
    Dok tolong ibu saya dok..Saya mohon, dengan panik Arman meminta dokter segera memeriksa ibunya Deri...
Oke,, kamu tunggu aja diluar..
     Ya Alloh kasi kesembuhan buat ibunya Deri, dia harus tau kalau deri masih hidup., hamba sangat sayang dia ya Alloh seperti hamba menyayangi ibuku
     Setengah jam kemudian, dokter keluar dari ruang UGD,
Gimana dok ibu saya, ga apa-apa kan dok.... Arman masih panik... iya pa, tenang aja, ibu anda hanya tekanan darah tinggi,,mungkin dia kebanyakan pikiran, kalau dibiarkan bisa struk pa, makanya tenangkan dia supaya lebih rileks,,,untuk sementara ibu anda rawat inap dulu, bentar lagi sadar ko...
     Iya pa makasih...
Duh pikiran ku jadi bingung kayak gini ya,,, mungkin terlebih dulu aku harus menemui Deri di jakarta..,,aku ga bisa diam kya gini,, siapa tau dengan membawa deri ibunya lebih tenang,,, tanpa basa-basi Arman  bersiap, beres-beres pulang dulu ke Rumahnya lalu pergi ke jakarta...menuju alamat yg ada di sms itu.. kemudian dia coba hubungi nomornya lagi,, tapi masih sama seperti semalam ga aktif,,,
    Lumayan lama diperjalanan akhirnya Arman sampai ketempat yg ada dialamat itu..
Dia lihat alamat di sms kemudian dia lihat Rumahnya, dia lihat kembali smsnya dan dia lihat rumahnya,berkali- kali arman lakukan, karena dalam pikirnya masih ga percaya nih Rumah segede ini, apa benar Deri tinggal disini,, tapi emang yakin ini adalah rumah yg ada dialamat ini, serasa yakin, akhirnya Arman mencoba memencet bel tembok pagar yg agak tinggi..
Berkali- kali memencet bel, akhirnya datanglah seorang wanita setengah baya,  pikir arman mungkin itu pembantunya..
    Anehnya wanita itu ga ngomong apa-apa, setelah membukakan pintu pagar lalu dia kembali masuk rumah tanpa mempersilakan Arman masuk,
   Sejenak Arman bingung, antara masuk atau ga..dia hanya berdiri depan pintu pagar...
   Bissmilah,,, katanya ini demi Deri,, aku harus masuk...
Akhirnya Arman masuk, dengan langkah yg hati-hati, sambil lihat kanan kiri,
   Waw ini rumah atau istana ya,,, Arman bergumam..
Setelah sampai di depan pintu, belum juga mengetuk pintu, pintu malah berlahan terbuka dengan sendirinya ,,, kreeeeetttttt...Arman kaget... Astagfirullohaadzim... !!!!
  Halo, permisi, Arman teriak berkali kali ...
Iya Arman aku di dalam,, masuklah..!!!
Arman sangat mengenali suara itu.. Arman langsung masuk sambil memanggil,,, Deriiii,,!!
terlihatlah Deri yg sedang duduk dikursi sudut rumah..
    Deri,,,!!!,, kamu apa kabar Ri... „Arman merangkul sahabatnya. Kenapa lu gak ngabarin aku atau ibumu Ri, alhamdulillah kamu selamat Ri, ibumu sempat mikir yg gak enggak tentangmu Ri...kenapa wajahmu pucat, Kamu sakit Ri? jawab Ri kamu kenapa?
Deriii,,!!! lu jangan diam Ri..
     Arman ngoceh sendiri seakan tak Deri hiraukan, Deri hanya berderai air mata..dia hanya diam, tatapan kosong hampa tiada arti...
     Ri ibumu sakit Ri sekarang dia di Rumah Sakit, Dia butuh kamu, sekarang juga kamu harus ikut aku pulang Ri,..
     Gak Man, sekarang aku bukan bagian dari kamu ataupun ibuku. Sekarang kita berbeda,
     Maksud kamu apa Ri? aku gak ngerti sama sekali...
     Man,tolong jagain ibuku ya, hanya kamu yg aku percaya, kamu sahabat sejatiku, bilangin maaf dariku..sambil nangis Deri trus memohon sama Arman.
     Maaf aku telah meninggalkan ibu selama ini,,sekarang ibuku lagi sakit. Aku mohon sama kamu rawatlah dia,, dia ga punya siapa-siapa selain aku,Man.
     Anggaplah dia sebagai ibumu juga.,,,!!!
   dengan wajah bingung Penuh tangisan,Arman masih tertegun..
Maksudmu apa Ri...?. Tolong beri penjelasan..aku semakin ga ngerti.. kamu seakan akan pergi jauh dan takan pernah.........
     Wiung, wiung, wiung,,,
Belum juga Arman selesai bicara, tiba- tiba datang ambulan memasuki halaman rumah...
     Serentak Arman melihat keluar Rumah....dilihatnya dua ambulan terparkir di halaman rumah
Ri siapa  yang,?,,, belum juga selesai ngomong,,  Deri udah ga ada di kursi pojok..
    Deri,, der,,,deri..
Arman teriak-teriak...
Tiba-tiba datang seorang bapa- bapa,menghampiri... mas, mas.. maaf mas jangan teriak-teriak. Disini lagi ada musibah,mas... emang mas siapa dan mau ke siapa.? saya temen Deri Pa,,
    Oh gitu... itu Jasad Deri baru datang mas...
   Apa?,,,,, JASAD...,,!!!
MAKSUDnya pa,? ,iya jasad kan Deri udah meninggal..
Apa pa?
Ga mungkin pa, barusan dia ada disini dan ngobrol sama saya, Arman membalikan badan menuju ke dalam rumah dicarinya Deri di setiap penjuru rumah sambil teriak-teriak, Derii,,! „Deri, Deri lu dimana Ri? karena Deri ga ada,Akhirnya Arman keluar Rumah dan dilihatnya jasad Deri keluar dari Ambulan.
astagfirullohaladzim...  Innalilahiwainailaihirojiun..Deri..
tubuh Arman lemas tak berdaya ketika melihat kenyataan itu..
Kedua tangannya menutup wajah tak kuasa dengan apa yg dia lihat....
   Sudahlah mas, Relakanlah,mungkin ini memang sudah takdirnya.
   Kenapa harus seperti ini pa, Dia sahabat saya Pa, saya ga tau harus bilang apa sama ibunya,
Berat sekali rasanya memberi tau ibunya...
    Iya mas, trus mau gimana lagi, ini sudah takdirnya seperti ini.
    Iya pa... kalau boleh tau bapa siapa ya? Arman nanya ke si bapa yg dari tadi didekatnya...
Saya tukang kebun disini..
   Kemarin malem Deri bersama majikan saya berikut pembantunya tabrakan dan meninggal dunia...
   Deri bekerja disini,majikan saya sangat menyayanginya, awalnya tukang cuci mobil, lama kelamaan sebagai supir, dia dikontrak selama 3 tahun,  dan katanya bulan depan habis kontraknya dan dia mau pulang kampung, dia sering cerita ibunya bahkan dia juga sering cerita sahabatnya yg baik.. kalau ga salah namanya Arman...Iya pa, Arman itu saya pa, makanya saya merasa terpukul bgt pa melihat seperti ini....
   O iya Mas , Deri pas ke jakarta kehilangan hp nya, jadi katanya selama ini dia ga bisa menghubungi keluarganya, Deri Juga sudah di kasi pasilitas Rumah sama majikan saya, ga tau kenapa majikan saya sangat menyayanginya,,,O iya ini ada surat kemarin malem sebelum deri meninggal dia menulis... ga tau tolong kasihin ke ibunya..
  Iya pa.. makasih,  O iya pa, mau gimanapun Deri masih punya keluarga, Sekarang jasad Deri mau saya bawa, ke kampung menemui ibunya,
   Ya Mas.. ga apa-apa... bawa aja,, masalah Ambulan tenang aja udah saya boking,
    Ya udah pa makasih, Pa. Saya harus segera berangkat, ibunya harus segera tau.
    Iya silakan hati-hati dijalan ya.
    Iya, makasi.. saya pamit pa.
akhirnya Ambulanpun melaju kencang membawa jasad Deri, meninggalkan kota jakarta, menuju kampung halamannya,.
setibanya di rumah, wargapun berduka cita datang bergantian melihat ke rumah Deri..
  walaupun berat rasanya untuk menceritakan meninggalnya Deri pada ibunya, tapi mau gimana lagi, Mau ga mau Arman harus cerita, Armanpun melangkahkan kaki pergi, menjemput ibunya Deri di Rumah Sakit,
   Setibanya di Rumah Sakit, terlihat ibunya Deri,sudah sehat, dia lagi duduk, menunggu dijemput Arman.
   Bu, syukurlah  ibu sudah sehat,,Arman yg baru datang langsung menghampiri ibunya Deri,  eh,Arman,,! Iya Man Alhamdulillah agak baikan, Kamu darimana saja, maaf ya ibu jadi ngerepotin kamu, dan makasih juga kalau ga ada kamu mungkin ibu masih terkapar di rumah ...
   Arman ga menjawab, dia malah nangis,,!!!
   ko kamu malah nangis,Man? ada apa?
ini bu ada surat dari Deri..
Arman mengeluarkan surat dari sakunya.,
Apa Man? Kamu ketemu Deri, apa kabar anakku man, Apakah dia sehat, dia kerja dimana?
Sekarang dia dimana,ikut kesini ga man?
   Iya bu dia ikut, sekarang dia ada di Rumah.. sambil menangis Arman menjawab pelan...
   Kamu kenapa Arman? ga biasa kamu kayak gini, biasanya kamu yg menegarkan ibu, kamu ga pernah nangis depan ibu.
   Apa yg terjadi dengan Deri Man,?
   Arman diam aja ga menjawab..
Ibunya Deri jadi bingung..
Kemudian dibukalah surat yg barusan dia terima,
Terlihat tulisan Deri agak kurang rapi,
    Assalamualaikum ..
Bu, apa kabar?
maafin Deri, selama ini Deri meninggalkan ibu, Alhamdulillah bu Deri udah dapat kerja, tapi deri kerja Dikontrak selama Tiga tahun, jadi Deri ga bisa pulang selama masa kontrak, deri juga kehilangan hp bu, selagi ke jakarta, hingga akhirnya Deri ga bisa ngabarin ibu,tapi Deri beruntung, majikan Deri baik banget bu, Deri dikasi Rumah bu, uang harian dan uang hasil kontrak kerja deri ,deri ditabung di bank,, itu semua buat ibu..
Maaf bu, Deri ga bisa nulis panjang,
Sekarang deri di Rumah Sakit, Deri kecelakaan bu. Kalaupun Deri harus meninggal, tolong maafin Deri bu...
   Serentak ibunya deri menangis dan menutupkan kedua telapak tangan pada wajahnya...
    Deri maafin ibu, berpikir jelek tentangmu,
     Arman, antar ibu menemui Deri Man,?ibunya deri mengajak Arman.
     sambil nangis Arman menjelaskan '.Bu sebenarnya Deri sudah meninggal,
Apa Arman? kamu ga bohong kan Man?  ga bu jasad dia ada di rumah bu.
     ga ibu ga percaya..
Antar ibu ke rumah Man..
   Setelah mengurus administrasi pembayaran, merekapun pulang menuju rumah.
   sesampainya di pekarangan rumah, ibu Deri melihat banyak orang yg mengerumuni jasad anaknya..
   Ternyata memang benar anaknya telah tiada, meninggalkan dia untuk selamanya,tangisnya pun tak tertahan lagi dia nangis.. tersedu-sedan,Arman pun memeluk ibunya Deri, sabar bu banyak istigfar, ini guratan takdir ibu harus merelakannya. Arman janji Arman akan jadi pengganti Deri sebagai anak ibu, Arman ga akan membiarkan ibu sendirian.
   Suatu saat arman pergipun Arman akan bawa ibu walaupun Arman sudah menikah, Arman akan mencari istri yg sayang sama ibu juga...
   Ibu Deri menangis dan memeluk erat Arman, makasi ya Man, kamu memang anak ibu, kamu memang penggantinya Deri, jangan tinggalkan ibu, ibu mohon..
   Iya bu tenang aja, aku akan pegang janjiku didepan jasad Deri....
   Beberapa tahun kemudian  Setelah meninggalnya Deri, Armanpun menikah dan Dia membawa ibunya Deri bersamanya, mereka saling manyayangi saling mengasihi.. arman benar-benar menepati janjinya....
   SEKIAN....

0 Response to "MISTERI ARWAH SAHABAT SEJATI"

Posting Komentar

Entri Populer